Bermain skema dan Metode tanya jawab dalam Pembelajaran PKn SD

Sabtu, 20 Februari 2010 13.48 by Edi Prayitno

UPBJJ-UT Semarang, 20 Februari 2010.

Pola Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar: “ Menyebutkan organisasi pemerintah pusat seperti presiden, wakil presiden dan para menteri” siswa kelas IV SD semester 2, alokasi waktu: 2 x 35 menit.

PraPBM: sehari sebelum pembelajaran, siswa diberi tugas meresume kedudukan, tugas dan wewenang presiden..

Apersepsi: Tanya jawab tentang kondisi rumah tangga, meliputi siapa yang sering memberikan perintah (menetapkan aturan dalam rumah), siapa yang melaksanakan perintah, dan siapa yang memberikan sanksi bila melanggar aturan. Di lingkungan kampung dsb.

Kegiatan inti:

Langkah 1 : BERMAIN SKEMA 1. Guru membacakan aturan penempatan skema. Pemberi perintah/penetap peraturan berada dalam skema yang ditempatkan di atas yang melaksanakan peraturan. Melalui tanya jawab secara klasikal guru membimbing siswa menggambarkan skema alur perintah di dalam keluarga, di lingkungan kampung dan di desa.

Langkah 2: PAPARAN WAWASAN Melalui tanya jawab sambil membaca buku, siswa menjelaskan segala sesuatu tentang pemerintah pusat (tidak terbatas pada lembaga kepresidenan saja, tetapi meluas sampai lembaga yang setara dengan presiden), termasuk sebagai lembaga eksekutif dalam sistem tatanan perundang-undangan. Guru memperkaya wawasan siswa tentang sistem pemerintahan pusat dengan menghadirkan lembaga legislatif (MPR) sebagai penyusun perundangan dan lembaga yudikatif (MA) sebagai pengontrol pelaksanaan/penerapan perundangan.

Langkah 3: BERMAIN SKEMA 2. Guru membimbing siswa menyebutkan lembaga-lembaga negara yang ada di pemerintahan pusat. Guru menuliskan nama-nama lembaga di pemerintahan pusat. Bersama teman sebangku, para siswa melukiskan skema kedudukan lembaga-lembaga negara di pemerintahan pusat.

Langkah 4: PAPARAN SKEMA. Secara acak dan bergantian para siswa memaparkan gambar skema yang dibuat dan menjelaskan maksud skema tersebut.

0 Response to "Bermain skema dan Metode tanya jawab dalam Pembelajaran PKn SD"

Posting Komentar