Eksperimen Proses Konduksi, Konveksi dan Radiasi

UPBJJ-UT Semarang, 23 Februari 2010.

Pola Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar: “Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya” siswa kelas IV SD semester 2, alokasi waktu: 2 x 35 menit.

PraPBM: Guru telah mempersiapkan peralatan eksperimen proses konduksi, konveksi dan radiasi serta petunjuk pelaksanan eksperimen.

Apersepsi: Tanya jawab tentang contoh-contoh sumber energi seperti makanan untuk gerak, kompor untuk memasak, listrik untuk penerangan, matahari untuk semua mahkluk hidup.

Kegiatan inti:

Langkah 1 : PAMERAN GAMBAR ENERGI. Guru memperlihatkan berbagai macam gambar berbagai jenis energi dan pemanfaatannya dengan cara dipajang di tempat-tempat terpisah di tembok kelas. Khusus gambar-gambar pemanfaatan energi panas yang menggambarkan proses konduksi, konveksi dan radiasi ditempel di papan tulis (banyak gambar tentang energi panas lebih dari 5 gambar). Tiap gambar diberi nomor. Secara klasikal, para siswa bergantian menceritakan isi tiap gambar dalam tiga kalimat. Tiap selesai menceritakan isi satu gambar, guru mengarahkan para siswa untuk dapat menyimpulkan tentang jenis energi yang digunakan dalam gambar. Setelah seluruh gambar diceritakan isinya, para siswa diminta untuk menunjukkan gambar tentang energi panas.

Langkah 2: EKSPLORASI ISI WACANA BUKU CETAK. Para siswa diminta menemukan dan menyebutkan tiga proses perpindahan panas, kemudian diminta mengelompokkan gambar-gambar tentang energi panas ke dalam salah satu dari ketiga proses perpindahan panas tersebut. Komentar atas apapun jawaban siswa ditunda setelah pelaksanaan eksperimen.

Langkah 3: PELAKSANAAN EKSPERIMAN. Siswa membentuk kelompok beranggotakan 4-5 siswa. Guru menyediakan sebanyak N (N= banyaknya kelompok yang terbentuk dalam kelas tersebut) perangkat eksperimen sarana eksperimen. Tiap kelompok secara bergantian melakukan ketiga jenis eksperimen dan melengkapi lembar kerja yang telah disediakan guru. Lembar kerja berisi pertanyaan tentang urutan langkah eksperimen, hasil eksperimen, kesimpulan dan perintah menyebutkan contoh proses perubahan panas, masing-masing proses dua atau tiga contoh..

Langkah 4: PAPARAN HASIL EKSPERIMEN. Wakil tiap kelompok melaporkan hasil kerja masing-masing kelompok.

Langkah 5: PENARIKAN KESIMPULAN. Guru meluruskan leporan yang salah dan sebaliknya untuk laporan yang benar, guru memberikan komentar bahwa inilah kesimpulan yang patut ditulis. Para siswa menyalin hasil laporan yang benar untuk dijadikan materi kesimpulan eksperimen.

2 Response to "Eksperimen Proses Konduksi, Konveksi dan Radiasi"

  1. Nafeeza Al-Anshary Says:

    Pak Edi, kami dari Pokjar Kudus mau tanya. Apakah metode eksperimen langkahnya sama dengan metode discovery? Terima kasih. Mohon dijawab dengan contoh-contoh.

  2. SD 3 Megawon Says:

    Bagi rekan guru, mari kita berbagi pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah tempat kita mengajar! Kunjungi website kami di http://www.sd3megawon.blogspot.com. Jangan lupa kasih komentar dan sarannya ya. Terima Kasih.

Posting Komentar