Improvisasi Pembacaan Puisi dengan lafal dan ekspresi yang benar

UPBJJ-UT Semarang, 21 Februari 2010.

Pola Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar: “ Membaca puisi dengan lafal dan ekspresi yang tepat” siswa kelas III SD semester 2, alokasi waktu: 2 x 35 menit.

PraPBM: Guru mempersiapkan beberapa puisi dengan tema yang berbeda.

Apersepsi: Guru memperkenalkan tiga jenis karya sastra, yaitu Sanjak, Prosa dan Puisi.

Kegiatan inti:

Langkah 1 : PEMBACAAN PUISI 1. Guru memberi contoh membaca puisi pendek dan sederhana. Puisi pertama kali dibaca keseluruhan, kemudian dibaca perbaris dengan ditirukan para siswa. Beberapa siswa (3 atau 4 siswa) membaca puisi secara bergiliran, tiap siswa melakukan kesalahan dalam lafal, guru memberi contoh yang benar dan seluruh siswa diminta menirukannya. Setelah cara pelafalan puisi dinilai cukup baik, guru memberikan contoh cara membaca disertai ekspresi yang benar. Dua atau tiga siswa mencoba membaca puisi disertai ekspresi dan lafal yang benar. Setiap siswa melakukan kesalahan, guru segera mengkoreksinya.

Langkah 2: PEMBACAAN PUISI 2. Guru memajang puisi dengan judul yang lain. Tanpa contoh pelafalan dan ekspresi dari guru, salah satu siswa mencoba berimprovisasi melafalkan puisi disertai ekspresinya. Guru memberikan masukan perbaikan atas kekurangan yang dilakukan siswa dan memberikan contoh yang benar seperlunya saja. Guru meminta siswa lain mencoba membaca puisi dengan pelafalan dan ekspresi seperti yang telah diarahkan guru. Langkah ini diulang beberapa kali sampai salah satu siswa mampu membaca dengan lafal dan ekspresi yang cukup baik.

Langkah 3: PEMBACAAN PUISI 3. Para siswa diminta mencoba berimprovisasi membaca puisi yang ketiga dengan lafal dan ekspresi yang benar. Guru tidak memberikan perbaikan cara membaca, guru hanya menilai tampilan siswa. Siswa berusaha memperbaiki tampilan berdasar penilaian guru

0 Response to "Improvisasi Pembacaan Puisi dengan lafal dan ekspresi yang benar"

Posting Komentar