METODE PROYEK

Senin, 22 Februari 2010 07.04 by Edi Prayitno

UPBJJ-UT Semarang, 22 Februari 2010.

Pola Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar: “ Menyajikan Data ke Bentuk Tabel, Diagram Garis, Batang dan lingkaran” siswa kelas VI SD semester 2, alokasi waktu: 2 x 35 menit.

PraPBM: Guru telah mempersiapkan alat ukur berat dan tinggi tubuh.

Apersepsi: Tanya jawab tentang isi pesan yang terkandung dalam sebuah diagram garis.

Kegiatan inti:

Langkah 1 : TENDER PROYEK. Para siswa membentuk kelompok beranggotakan 4-5 orang. Tiap kelompok memilih salah satu proyek kerja yang ditawarkan guru, antara lain: mengumpulkan data berat badan, tinggi badan, banyak buku yang dibawa, besar uang saku, dll.

Langkah 2: PENGAMBILAN DATA. Para siswa melakukan pengukuran atau penghitungan untuk mengumpulkan data dengan bimbingan guru.

Langkah 3: PENYUSUNAN TABEL. Secara klasikal guru membimbing menyusun tabel distribusi untuk masing-masing data tiap kelompok, mulai menentukan nilai terendah dan tertinggi sampai memasukkan data ke dalam tabel.

Langkah 4: PEMBUATAN DIAGRAM GARIS. Secara klasikal guru membimbing pembuatan diagram garis. Masing-masing kelompok menerapkan hasil bimbingan guru dengan datanya masing-masing.

Langkah 5: PEMBUATAN DIAGRAM BATANG.Dengan bimbingan guru secara klasikal, para siswa membuat diagram batang berdasarkan datanya masing-masing.

Langkah 6: PEMBUATAN DIAGRAM LINGKARAN. Secara klasikal guru membimbing menentukan besar derajat untuk tiap frekuensi dalam tabel distribusi, kemudian menggambar lingkaran dan menentukan besar juring untuk tiap kelas interval.

Langkah 7: KONSULTASI HASIL PROYEK. Sebelum pelaporan hasil kerja, secara bergantian tiap kelompok mengkonsultasikan hasil kerja mereka.

Langkah 8: PELAPORAN HASIL KERJA KELOMPOK . Wakil tiap kelompok menunjukkan gambar diagram yang telah berhasil dibuat oleh kelompoknya.

2 Response to "METODE PROYEK"

  1. Nafeeza Al-Anshary Says:

    Pak Edi, apakah metode proyek bisa dipraktekkan untuk pembelajaran tematik khususnya kelas I dan kelas II? Bisa diberi contohnya pak? Trims

  2. SD 3 Megawon Says:

    Bagi rekan guru, mari kita berbagi pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah tempat kita mengajar! Kunjungi website kami di http://www.sd3megawon.blogspot.com. Jangan lupa kasih komentar dan sarannya ya. Terima Kasih.

Posting Komentar