Metode Tanya Jawab dengan Gambar dalam Pembelajaran IPS SD

UPBJJ-UT Semarang

16 Februari 2010.

Pola Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar: “ Memahami perkembangan teknologi untuk produksi, komunikasi dan transportasi” siswa kelas IV SD semester 2, alokasi waktu: 2 x 35 menit.

PraPBM: sehari sebelum pembelajaran, siswa diberi tugas menjawab soal-soal yang merupakan resume materi tentang perkembangan teknologi untuk produksi, komunikasi dan transportasi (materi tersebut dapat ditemui para siswa di dalam buku cetak pegangan siswa)

Apersepsi: Tanya jawab tentang makna teknologi, produksi, komunikasi dan transportasi

Kegiatan inti:

1. Guru menampilkan gambar-gambar tentang proses produksi, proses komunikasi dan proses transportasi baik jaman dahulu maupun jaman sekarang. Para siswa bertugas memberi label pada tiap gambar sesuai dengan jenis teknologinya; label Prod untuk teknologi produksi, Kom untuk komunikasi dan Trans untuk transportasi. Secara bergantian para siswa maju, memilih dan menempelkan label pada gambar yang sesuai.

2. Para siswa yang berhasil menempelkan label secara benar, melalui pertanyaan – pertanyaan lisan dibimbing untuk mengungkapkan alasan mengapa mereka menempelkan label tersebut pada gambar yang dimaksud, ciri-ciri apa dalam gambar yang mendorong mereka untuk memberikan label pada gambar tersebut.

3. Secara klasikal melalui Tanya jawab, guru membimbing para siswa menemusebutkan ciri-ciri dalam gambar teknologi produksi, teknologi komunikasi dan teknologi transportasi.

4. Dari kelompok gambar tentang proses produksi, para siswa secara bergantian memberikan label Kun untuk gambar yang memperlihatkan teknologi kuno dan Mo untuk teknologi modern.

5. Dengan menggunakan gambar dengan label yang benar, secara klasikal, melalui Tanya jawab lisan, guru membimbing siswa menyebutkan nama alat-alat produksi berteknologi kuno dan alat-alat produksi berteknologi modern.

6. Melalui langkah yang sama dengan langkah nomor 5, siswa dibimbing menyebutkan alat-alat komunikasi berteknologi kuno dan modern serta alat-alat transportasi kuno dan modern

7. Bersama kelompok kecil yang beranggotakan antara 3-4 siswa, para siswa menuliskan satu proses produksi berteknologi kuno, satu proses produksi berteknologi modern, satu proses komunikasi berteknologi kuno, satu proses komunikasi berteknologi modern, satu proses transportasi berteknologi kuno dan satu proses transportasi berteknologi modern. Saat para siswa mengerjakan tugas dan melaporkan hasil kerja kelompok, guru melakukan penilaian keterampilan proses.

8. Penilaian akhir dilakukan melalui tes uraian untuk membedakan proses produksi, komunikasi dan transportasi yang berteknologi kuno dengan yang berteknologi modern.

3 Response to "Metode Tanya Jawab dengan Gambar dalam Pembelajaran IPS SD"

  1. temanti2k Says:

    titik
    pak, kebetulan sekali saya menggunakan gambar sebagai peraga,tapi referensi metode tanya jawab ini belum ada pak..tokohnya siapa?

  2. temanti2k Says:

    saya tadi yang sms bapak, trims banget pak. bagaimana kalau saya pakai metode pembelajaran exampels non examples. apakah bapak punya referensinya? trims banyak

  3. SD 3 Megawon Says:

    Bagi rekan guru, mari kita berbagi pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah tempat kita mengajar! Kunjungi website kami di http://www.sd3megawon.blogspot.com. Jangan lupa kasih komentar dan sarannya ya. Terima Kasih.

Posting Komentar