Portofolio melalui Metode Kerja Kelompok dalam Pembelajaran IPS SD

UPBJJ-UT Semarang, 17 Februari 2010.

Pola Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar: “ Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang” siswa kelas V SD semester 2, alokasi waktu: 2 x 35 menit.

PraPBM: sehari sebelum pembelajaran, siswa diberi tugas portofolio menyusun resume tentang R.A.Kartini, Ki Hajar Dewantoro Douwes dekker dan Dr. Sutomo.

Apersepsi: Tanya jawab tentang riwayat R.A.Kartini, Ki Hajar Dewantoro, Douwes Dekker, Dr. Sutomo, H. Samanhudi, K.H. Ahmad Dahlan., Dr. Cipto M.K.

Kegiatan inti:

Langkah 1 : MEMBENTUK KELOMPOK. Tanpa mengubah posisi tempat duduk, tiap tujuh siswa yang duduk berdekatan menamai dirinya dengan nama ketujuh tokoh membentuk kelompok TC (Tokoh Campuran). Tiap nama tokoh yang sama membentuk kelompok TS (Tokoh Senama). Tiap kelompok TS menyusun bahan presentasi tentang tokoh yang sesuai namanya.

Langkah 2: PRESENTASI I. Tiap anggota TS mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di dalam kelompok TC, anggota TC yang lain menyimak presentasi sambil melengkapi hasil portofolionya atau menambahkan bahan dalam portofolionya yang tidak terdapat dalam materi presentasi.

Langkah 3: PRESENTASI II. Tiap kelompok TC memilih salah satu tokoh yang menurut kelompoknya paling lengkap materinya untuk dipresentasikan di depan kelas. Tiap kelompok TC lain yang berhasil menambahkan informasi atau meluruskan materi yang ditampilkan kelompok lainnya memperoleh poin penghargaan.

Langkah 4: MELENGKAPI PORTOFOLIO. Tiap siswa melengkapi portofolio sesuai materi tampilan presentasi dan dikumpulkan. Penilaian formatif berdasarkan hasil portofolio yang diserahkan.

0 Response to "Portofolio melalui Metode Kerja Kelompok dalam Pembelajaran IPS SD"

Posting Komentar