UPBJJ-UT Semarang, 24 Februari 2010.
Pola Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar: “ Menjumlahkan Pecahan” siswa kelas IV SD semester 2, alokasi waktu: 2 x 35 menit.
PraPBM: Guru telah menyusun peta konsep penguasaan kemampuan menjumlahkan pecahan.
Apersepsi: Tanya jawab tentang penjumlahan dua pecahan sejenis dari berbagai macam pecahan.
Kegiatan inti:
Langkah 1 : MENJUMLAHKAN PECAHAN BERPENYEBUT SAMA. Secara bergantian para siswa (3 – 4 siswa) maju mengerjakan penjumlahan dua pecahan berpenyebut sama,
Langkah 2: MENJUMLAHKAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA DENGAN PEMBILANG DAN PENYEBUT BERUPA BILANGAN SATUAN. Guru menulis soal di papan tulis, para siswa mencoba mengerjakan di buku latihan. Guru berkeliling untuk menemukan siswa yang mampu. Siswa yang mampu ditunjuk untuk mengerjakan di papan tulis, siswa yang lain diminta untuk memperhatikan caranya. Guru menulis beberapa soal lagi dan mencari beberapa siswa yang mampu lagi untuk bergantian mengerjakan di papan tulis. Kelas dibagi dalam kelompok-kelompok kecil beranggotakan 3-4 siswa, siswa yang mampu diminta untuk menjadi tutor sebaya dalam tiap kelompok.
Langkah 3: MENJUMLAHKAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA DENGAN PEMBILANG DAN PENYEBUT BERUPA BILANGAN DUA ANGKA SEDERHANA. Guru menulis beberapa soal di papan tulis, para siswa mencoba mengerjakan di buku latihan. Para siswa yang menurut pengamatan guru telah mampu, ditugasi membimbing kelompok binaan. Guru menunjuk wakil beberapa kelompok mengerjakan hasil kerja kelompok di papan tulis. Yang ditunjuk para tutor sebayanya.