KOMPETENSI DASAR
Mengenal keragaman kenampatan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu Indonesia dengan menggunakan Peta/ atlas/ globe dan media lainnya
1. Kegiatan inti (35 menit)
a. Telaah Wacana
Guru meminta para siswa membaca wacana tentang pembagian wilayah waktu di Indonesia. Para siswa membaca wacana tentang pembagian wilayah waktu di Indonesia. Secara lisan dan bergantian guru menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan: 1) tiga pembagian waktu di Indonesia, dan 2) perbedaan waktu antar ketiga system waktu di Indonesia
b. Eksplorasi Peta berdasar Wacana
Guru memajang peta Indonesia. Melalui tanya jawab dan penugasan ke depan kelas, secara bergantian para siswa diminta menemutunjukkan:
1) garis lintang, garis bujur, garis khatulistiwa, letak Indonesia secara astronomis.
2) Garis pembagi wilayah ketiga waktu di Indonesia
3) Letak astronomis titik utara dan titik selatan ketiga garis waktu
c. Penugasan kelompok
Guru membagi siswa menjadi tiga kelompok dan menamai ketiga kelompok dengan nama ketiga wilayah waktu. Secara berpasangan dengan teman sebangku para siswa diberi kesempatan untuk menemukan propinsi yang masuk ke wilayah waktu sesuai nama kelompoknya serta mendatanya dalam lembar tugas.
d. Sharing hasil kerja
Papan tulis digaris dibagi menjadi tiga, wakil tiap kelompok waktu bertugas menulis nama propinsi sesuai dengan nama kelompoknya, secara bergiliran urut dari baris terdepan wakil tiap bangku menyebutkan nama propinsi yang termasuk wilayah waktu kelompoknya. Bangku yang ada di belakang melengkapi nama propinsi yang belum disebutkan oleh bangku di depannya. Guru mengawasi proses pencatatan nama propinsi tersebut sambil mengkonfirmasi kebenaran data yang ditulis. Para siswa yang lain melengkapi catatan mereka.
2. Kegiatan akhir
Guru mengarahkan para siswa untuk menuliskan rangkuman materi serta mengkondisikan kelas untuk mengerjakan soal tes formatif.
Guru menilai hasil jawaban tes formatif
Posting Komentar