Penentuan Luas Bangun Datar

Kamis, 18 November 2010 21.18 by Edi Prayitno

Kompetensi Dasar:

Menghitung luas segi yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana

A. Kegiatan awal: ….

B. Kegiatan Inti:

1. Eksplorasi Klasikal: PENURUNAN RUMUS SEGITIGA DARI RUMUS PERSEGI PANJANG.

Guru menyajikan soal dan menawarkan kepada siswa untuk menyelesaikan soal-soal penentuan luas bangun datar. Soal yang disajikan mulai dengan bangun yang paling sederhana.

a. Guru menggambar tiga bangun datar, yaitu persegi, persegi panjang dan segitiga lengkap dengan ukuran sisi-sisinya, memberi kesempatan pada para siswa untuk menghitung luasnya kemudian menawarkan kepada kelas siapa yang bersedia menentukan luasnya. Siswa yang dapat mengerjakan dan benar jawabannya diminta menjelaskan caranya kepada kelas.

b. Guru menyediakan kertas berwarna berbentuk persegi panjang dan gunting, salah satu siswa diminta mengukur sisi panjang dan lebarnya dan menuliskannya pada keempat sisi kertas tersebut kemudian memotong kertas menurut garis diagonalnya menjadi dua segitiga siku-siku kongruen. Kemudian siswa tersebut diminta menemutunjukkan alas dan tinggi kedua segitiga dan menyebutkan ukurannya.

c. Secara klasikal disertai peragaan model persegi panjang dan dua segitiga hasil pemotongan tersebut, guru mengarahkan siswa untuk:

1) Memperagakan bahwa permukaan kedua segitiga dapat menutup permukaan persegipanjang. Kemudian siswa diarahkan untuk menarik kesimpulan bahwa:

a) luas persegi panjang sama dengan luas kedua segitiga

b) Luas segitiga sama dengan setengah luas persegi panjang

Menemutunjukan kesamaan panjang sisi kedua segitiga dengan panjang sisi persegi panjang sehingga siswa dapat mengatakan bahwa sisi alas segitiga sama dengan setengah panjang sisi panjang persegipanjang serta bahwa tinggi segitiga sama dengan panjang sisi lebar persegipanjang.

c) Menyimpulkan bahwa panjang alas = ½ panjang dan t = lebar sehingga luas = ½ luas

= ½ ( p x l)

= ½ (alas x tinggi).

2. Kerja Kelompok

Bersama teman sebangku para siswa menyelesaikan soal penentuan luas bangun yang bentuknya merupakan gabungan dari dua atau tiga bangun datar sederhana.

3. Konfirmasi: Secara perorangan beberapa wakil kelompok menyelesaikan soal di papan tulis.

0 Response to "Penentuan Luas Bangun Datar"

Posting Komentar