Tematik IPA & BI kelas 3

Sabtu, 30 Oktober 2010 11.58 by Edi Prayitno

INDIKATOR

IPA: Mengidentifikasi sifat – sifat khusus benda padat, cair dan gas

Bahasa Indonesia: Membaca nyaring dan menjawab pertanyaan teks


2. Kegiatan Inti

a. Membaca nyaring

Guru meminta para siswa membaca wacana tentang sifat – sifat benda dan menggarisbawahi teks tentang sifat-sifat benda padat, cair dan gas.

b. Tanya Jawab Klasikal

Guru secara lisan mengajukan beberapa pertanyaan, para siswa yang dapat menemukan jawabannya menunjukkan jari untuk menjawabnya. Bila tidak ada satupun siswa yang menjawab, guru mengganti pertanyaan dengan pertanyaan yang lebih sederhana untuk mengarahkan para siswa menemukan jawabannya. Saat siswa menjawab pertanyaan boleh membuka buku. Semua jawaban ada dalam wacana. Pertanyaan yang diajukan meliputi:

1) Sebutkan tiga buah benda padat !(dua atau tiga siswa diminta secara bergantian menyebutkan tiga benda padat yang berlainan)

2) Mengapa buku dikatakan sebagai benda padat ?(dua atau tiga siswa diminta menyebutkan alasan benda lain dikatakan sebagai benda padat)

3) Apa yang disebut sebagai benda padat?

4) Sebutkan satu benda cair !(dua atau tiga siswa diminta secara bergantian menyebutkan satu benda cair yang lain)

5) Mengapa minyak dikatakan sebagai benda cair ?(dua atau tiga siswa diminta menyebutkan alasan benda lain dikatakan sebagai benda cair)

6) Apa yang disebut sebagai benda cair?

7) Sebutkan satu benda gas !(dua siswa diminta secara bergantian menyebutkan satu benda gas yang lain)

8) Mengapa udara dikatakan sebagai benda gas ?(dua siswa diminta menyebutkan alasan benda lain dikatakan sebagai benda gas)

9) Apa yang disebut sebagai benda gas?

c. Pengamatan dan Percobaan

Untuk memantapkan konsep benda padat, gas dan cair, guru menyajikan ketiga contoh benda tersebut dan meminta dua atau tiga siswa untuk melakukan pegaraan dengan arahan guru. Para siswa mengamati peragaan tersebut dan diberi kesempatan untuk mencoba dan mengajukan pertanyaan.

d. Penugasan kelompok

Guru meminta para siswa secara berpasangan mengerjakan tugas kelompok. Siswa mengerjakan tugas kelompok menggolongkan bermacam – macam benda yang termasuk benda padat, cair dan gas dengan melengkapi kolom dalam lembar kerja siswa

e. Membahas tugas kelompok

Hasil kerja kelompok dikoreksi secara ditukar dengan kelompok yang lain. Secara bergantian diminta wakil kelompok membacakan jawabannya dan kelompok yang tidak maju mengoreksi LKS.

0 Response to "Tematik IPA & BI kelas 3"

Posting Komentar