MODEL BANGUN DATAR

UPBJJ-UT Semarang, 22 Februari 2010.

Pola Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar: “ Mengelompokkan Bangun Datar” siswa kelas II SD semester 2, alokasi waktu: 2 x 35 menit.

PraPBM: Guru telah mempersiapkan berbagai model bangun datar, diusahakan berwarna-warni.

Apersepsi: Tanya jawab tentang pengertian bangun datar.

Kegiatan inti:

Langkah 1 : PERAGAAN PERMUKAAN DATAR DAN TIDAK DATAR. Guru membagikan selembar kertas yang masih rata permukaannya kepada tiap bangku. Para siswa diminta meletakkan kertas tersebut di atas meja dan mengusap permukaan kertas dengan sebuah penggaris. Para siswa diminta mengamati permukaan kertas saat diusap dengan penggaris dan mengungkapkan apakah permukaan kertas seluruhnya bersentuhan dengan penggaris ? Bila selulruh permukaan kertas bersentuhan dengan penggaris maka disimpulkan bahwa permukaan kertas tersebut datar. Percobaan tersebut diulang dengan mengusap permukaan botol untuk menyimpulkan bahwa permukaan botol tidak datar.

Langkah 2: MENGIDENTIFIKASI BIDANG DATAR DAN TIDAK DATAR DI LINGKUNGAN KELAS. Para siswa diminta menyebutkan bidang datar dan tidak datar dari benda-benda yang ada di dalam ruang kelas.

Langkah 3: PERAGAAN MODEL BANGUN DATAR. Guru meletakkan berbagai model bangun datar dalam berbagai ukuran dan warna di atas meja. Para siswa diminta menyebutkan apakah model-model tersebut datar atau tidak datar. Kemudian salah satu siswa diminta memisahkah antara model yang bersisi lengkung dengan model yang bersisi lurus.

Langkah 4: PELABELAN BANGUN. Setelah terpisah berdasarkan bentuk sisinya, secara bergantian siswa diminta memilah-milah kelompok model bangun yang bersisi lurus berdasarkan banyak sisinya. Secara bergantian siswa diminta memberi nama setiap bangun dengan nama SEGI…. berdasarkan banyak sisi model tersebut.

Langkah 5: PENGURUTAN BENTUK MODEL. Setelah model terkelompok berdasarkan banyak sisinya, para siswa bergantian mengurutkan model mulai dari model ukuran terkecil sampai ukuran terbesar.

0 Response to "MODEL BANGUN DATAR"

Posting Komentar