KELOMPOK BINAAN

Rabu, 24 Februari 2010 06.50 by Edi Prayitno

UPBJJ-UT Semarang, 24 Februari 2010.

Pola Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar: “ Menjumlahkan Pecahan” siswa kelas IV SD semester 2, alokasi waktu: 2 x 35 menit.

PraPBM: Guru telah menyusun peta konsep penguasaan kemampuan menjumlahkan pecahan.

Apersepsi: Tanya jawab tentang penjumlahan dua pecahan sejenis dari berbagai macam pecahan.

Kegiatan inti:

Langkah 1 : MENJUMLAHKAN PECAHAN BERPENYEBUT SAMA. Secara bergantian para siswa (3 – 4 siswa) maju mengerjakan penjumlahan dua pecahan berpenyebut sama,

Langkah 2: MENJUMLAHKAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA DENGAN PEMBILANG DAN PENYEBUT BERUPA BILANGAN SATUAN. Guru menulis soal di papan tulis, para siswa mencoba mengerjakan di buku latihan. Guru berkeliling untuk menemukan siswa yang mampu. Siswa yang mampu ditunjuk untuk mengerjakan di papan tulis, siswa yang lain diminta untuk memperhatikan caranya. Guru menulis beberapa soal lagi dan mencari beberapa siswa yang mampu lagi untuk bergantian mengerjakan di papan tulis. Kelas dibagi dalam kelompok-kelompok kecil beranggotakan 3-4 siswa, siswa yang mampu diminta untuk menjadi tutor sebaya dalam tiap kelompok.

Langkah 3: MENJUMLAHKAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA DENGAN PEMBILANG DAN PENYEBUT BERUPA BILANGAN DUA ANGKA SEDERHANA. Guru menulis beberapa soal di papan tulis, para siswa mencoba mengerjakan di buku latihan. Para siswa yang menurut pengamatan guru telah mampu, ditugasi membimbing kelompok binaan. Guru menunjuk wakil beberapa kelompok mengerjakan hasil kerja kelompok di papan tulis. Yang ditunjuk para tutor sebayanya.

Langkah 4: MENJUMLAHKAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA DENGAN PEMBILANG DAN PENYEBUT BERUPA BILANGAN DUA ANGKA.. Tiap kelompok menerima lembar kerja, dan atas bimbingan para siswa yang mampu, para anggota kelompok lainnya berbagi tugas mengerjakan nomor soal yang berbeda. Guru menunjuk para siswa selain tutor sebayanya untuk menyelesaikan soal latihan di papan tulis.

4 Response to "KELOMPOK BINAAN"

  1. Nafeeza Al-Anshary Says:

    Pak Edi, bolehkah tulisan bapak ini aku kutip untuk pembuatan RPP (Perbaikan)dalam pembuatan laporan PTK-ku? kalau boleh, minta ijinnya pak. Terima Kasih banyak.
    Pak, bimbingannya mbok jangan dipersulit. Aku stress nih pak. maklum banyak tugas di sekolah maupun di rumah. maklum saya ini merangkap ibu rumah tangga.

  2. pucur wee Says:

    terima kasih banyak pak, blog ini sangat membantu kami (saya & istri) dalam merancang kegiatan pembelajaran.. semoga blog ini tetap eksis

  3. Unknown Says:

    RP yang pak Edi tulis betul2 membantu... thanks berat

  4. SD 3 Megawon Says:

    Bagi rekan guru, mari kita berbagi pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah tempat kita mengajar! Kunjungi website kami di http://www.sd3megawon.blogspot.com. Jangan lupa kasih komentar dan sarannya ya. Terima Kasih.

Posting Komentar